Wakil ASEAN Rontok di Piala Asia 2023: Timnas Indonesia dan Thailand Jadi 2 Tim Terbaik

Susanto

Rabu, 31 Januari 2024 – 11:57 WIB

loading…

Salah satu wakil ASEAN, Timnas Indonesia, ketika berlaga melawan Australia di Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari

Wakil ASEAN dipastikan habis tak tersisa di Piala Asia 2023 . Kepastian itu didapat setelah Thailand menyerah 1-2 dari Uzbekistan di babak 16 besar.

Bertanding di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Selasa (30/1/2024) malam, Thailand takluk di tangan Uzbekistan. Thailand hanya mencetak satu gol lewat aksi Supachok Sarachat (58’), sedangkan Uzbekistan dua gol via Azizbek Turgunboev (37’) dan Abbosbek Fayzyllaev (65’).

Hasil ini membuat Uzbekistan melangkah ke babak perempatfinal untuk melawan sang tuan rumah, Qatar. Sementara itu, Thailand membuat wakil Asia Tenggara habis di Piala Asia 2023 setelah sebelumnya Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia di 16 besar.

Sekadar informasi, ada empat wakil ASEAN yang lolos ke putaran Piala Asia 2023 di Qatar. Keempatnya adalah Timnas Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Dua tim terakhir yang disebutkan harus pulang lebih dulu karena gagal lolos babak penyisihan grup.

Vietnam tersingkir setelah finis di posisi buncit Grup D berbekal 3 kekalahan. Sedangkan Malaysia finis di posisi terbawah Grup E dengan 1 poin dari dua kekalahan dan sekali hasil imbang.

Sementara Indonesia dan Thailand menjadi dua tim ASEAN terbaik Piala Asia 2023 setelah berhasil tembus babak 16 besar. Sayang, keduanya bernasib sama karena gagal melaju ke perempat final usai ditekuk lawan masing-masing.

(sto)

   

Updated: Januari 31, 2024 — 4:57 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *