Toyota Recall Mobil Avanza hingga Yaris Cross di Indonesia, Ini Penyebabnya

Dream – PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall terhadap model mobilnya di Indonesia yang cukup banyak dibeli oleh konsumen yakni Avanza, Veloz, Vios, Sienta dan Yaris Cross.

Recall merupakan penarikan kembali untuk diperbaiki. Jumlah unit yang masuk daftar recall cukup banyak, mencapai 213.005 unit.

Pihak Toyota juga memohon maaf kepada para pelanggan yang mengharuskan pemilik berkunjung ke bengkel resmi, dalam rangka perbaikan komponen yang bermasalah. Perbaikan ini bersifat gratis.

“Dengan segala kerendahan hati, kami menghimbau pelanggan agar segera mengecek apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall, agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apapun,”

terang Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, melalui keterangan resmi, dikutip dari Liputan6.com, Selasa, 13 Februari 2024.

Toyota juga beralasan recall merupakan hal yang umum dan menunjukan komitmen Toyota dalam menjamin kualitas produk yang dipasarkan serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.

“Recall mungkin terdengar negatif bagi sebagian orang, namun Toyota melihatnya sebagai bentuk kaizen (continuous improvement) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki customer,” tukas Henry.

Berikut komponen yang bermasalah dalam mobil Toyota yang direcall.

Toyota Sienta

Toyota Sienta merupakan tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020, yang harus melakukan pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A).

Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric jika tidak segera ditingkatkan kekuatan sealer-nya.

Toyota Avanza, Veloz, Vios dan Yaris Cross

Toyota juga mengajak pemilik Avanza produksi November 2022 dan Veloz produksi November 2022 untuk melakukan perbaikan Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya.

Toyota melihat bahwa perangkat safety tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga kurang memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping jika tidak segera diperbaiki strukturnya.

Toyota menilai ada kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut yang ditemui pada Veloz produksi Oktober 2021 – Agustus 2023, Toyota Avanza produksi November 2021 – September 2023, Vios produksi Juni 2022 – Agustus 2023, dan Yaris Cross produksi Mei – September 2023.

Instruksi pengencangan yang tidak tepat dapat membuat mur menjadi kendur sehingga menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas yang mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju di jalan.

Rekomendasi

toyota astra motor Toyota Buka Posko dan Bengkel Siaga Selama Libur Nataru, Catat! Ini Daftar Lokasinya

Total titik pelayanan tersebut terdiri dari 5 Posko Siaga dan 297 Bengkel Siaga yang tetap beroperasi normal di hari libur Nataru.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

toyota Daihatsu Terkena Skandal Uji Keselamatan, Toyota Setop Kirim Mobil

Toyota setop kirim mobil akibat skandal uji keselamatan Daihatsu

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

toyota Seberapa Laris Mobil Listrik Buatan Toyota di Indonesia?

Penjualan Toyota di tahun 2023 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

daihatsu Tiga Mobil Terlaris Daihatsu di Tahun 2023

Ini 3 mobil terlaris produksi Daihatsu selama tahun 2023

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

mobil presiden Spesifikasi Mobil Kepresidenan yang Bannya Bocor hingga Jokowi Jalan Kaki

Ban mobil Kepresiden Republik Indonesia diduga bocor saat Jokowi sedang kunjungan

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

sepeda motor 5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

Pertama kali servis motor ke bengkel, mekanik terkejut saat melihat isi mesinnya.

Baca Selengkapnya

   

Updated: Februari 13, 2024 — 10:46 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *