Teks Ibadah Sabda Minggu Adven II Minggu 10 Desember 2023 Ada Renungan Harian Katolik

Oleh: Pater Petrus Cristologus Dhogo, SVD

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE – Mari simak Teks ibadah sabda Hari Minggu 10 Desember 2023.

Teks ibadah sabda hari minggu untuk Masa Adven II Jelang Natal 2023.

Teks ibadah sabda hari minggu disusun oleh Pater Petrus Cristologus Dhogo, SVD dari seminari tinggi Ledalero, Maumere.

Ikuti ibadah sabda hari minggu dengan penuh iman dan tekun.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Minggu 10 Desember 2023 dan Renungan Harian Katolik

Para Petugas Liturgi berkumpul di sakristi. Pada meja perayaan disiapkan lilin bernyala yang mengapiti salib. Untuk bacaan, siapkan Alkitab. Untuk nyanyian, bisa siapkan buku nyanyian. Sedapat mungkin, untuk kekhusukan suasana, alat-alat komunikasi dimatikan.

Ketika memulai, Pemimpin (P) berkata, “Penolong kita ialah Tuhan”, dan yang lain menyahut, “Yang menjadikan langit dan bumi”.

Kemudian dinyanyikan lagu pembuka untuk masa Adven; 

NB. Keterangan tentang lagu diberi warna ungu.

01. TANDA SALIB DAN SALAM

P : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.U : Amin.P : Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, cinta kasihAllah, dan persekutuan Roh Kudus beserta kita.U : Sekarang dan selama-lamanya.

02. KATA PEMBUKA

P : Pada Minggu kedua masa Adven ini, kita semua diajak untuk mempersiapkan hati kita agar kitadapat menyambut kedatangan Tuhan dengan layak. Rasul Paulus dalam bacaan kedua mengajak kita supaya kita harus berusaha sehingga kita tidak bercacat dan tak bernoda di hadapan Tuhan, yang akan datang. Bacaan pertama dan bacaan Injil mengibaratkan persiapan hati kita seumpama meluruskan jalan yang berbelok-belok dan meratakan gunung yang berlekuk-lekuk, yang menutupi pandangan kita untuk melihat dengan lebih jelas kedatangan orang dari jauh. Ketika berada di tanah yang lapang dan rata, kita bisa melihat kedatangan orang, bahkan ketika ia masih berada dari jauh. Kita semua diajak untuk meluruskan hati kita agar kita bisa merasakan dengan lebih kuat getarangetaran kehadiran Tuhan. Kadangkala hati kita juga dipenuhi dengan bergunung-gunung dosa dan kesalahan atau masalah. Mungkin ini adalah saat yang baik untuk menguraikan dosa dan kesalahan kita tersebut, agar mata hati kita tidak terhalang melihat kedatangan Tuhan. Mari kita juga meluruskan niat kita dan menghalau hambatan yang mempertemukan kita dengan Tuhan dan sesama.[hening sejenak]

   

Updated: Desember 9, 2023 — 2:48 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *