SCImago Nobatkan Fakultas Psikologi UIN Jakarta Terbaik se-Indonesia

Gedung Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Ciputat (Kemenag) — Lembaga pemeringkatan pendidikan The SCImago Institutions Rankings (SIR) menobatkan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai Fakultas Psikologi terbaik nasional 2023. Penobatan ini didasarkan atas kinerja positif Fakultas Psikologi pada aspek penelitian, inovasi, dan dampak sosial yang diukur melalui visibilitas web.

Dalam rilis SCImago yang dikutip, Senin (11/12/2023), menyebutkan jika Fakultas Psikologi UIN Jakarta menempati urutan pertama di tanah air. Urutan selanjutnya ditempati Fakultas Psikologi dari Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga dan lainnya.

Dalam proses pemeringkatan, SCImago melakukannya dengan memperhitungkan keterpenuhan tiga faktor penting, penelitian (50 persen), inovasi (30 persen), dan dampak sosial (20 persen). Pada faktor penelitian misalnya, diukur 11 indikator, antara lain: normalized impact, excellence with leadership, dan scientific leadership.

Pada sektor innovasi, sekurangnya tiga indikator yang dilihat, yaitu innovative knowledge, patents, dan technological impact. Begitu pada aspek dampak sosial, terdapat tiga indikator yang diperhatikan, yaitu altmetrics, inbound links, dan web size.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Jakarta Yunita Faela Nisa menyambut gembira prestasi ini. Menurutnya, raihan ini merupakan hasil kerja keras dan kolaboratif seluruh sivitas akademika Fakultas Psikologi dan dukungan pimpinan UIN Jakarta.

“Capaian ini merupakan hasil dari kerja kolaborasi yang berkesinambungan dari seluruh sivitas akademika Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Tentu kami bersyukur atas capaian ini,” ujarnya.

Yunita menuturkan, raihan peringkat ini menjadi modal penting Fakultas Psikologi UIN Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas akademik yang ditawarkan kepada para mahasiswa. Bahkan, peringkat ini juga menjadi dorongan untuk memperkuat tradisi keilmuan psikologi di UIN Jakarta melalui riset dan publikasi.

“Pemeringkatan ini akan menjadi portofolio yang positif bagi Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Kami akan mempertahankan dan meningkatkan kinerja akademik,” tambahnya.

Apresiasi juga datang dari Rektor UIN Jakarta Asep Saepudin Jahar. Dia berharap raihan ini menjadi pelecut Fakultas Psikologi dalam mempertahankan kualitas kinerja akademiknya.

“Selamat dan sukses atas raihan peringkat nomor 1 versi The SCImago Institutions. Semoga prestasi membanggakan ini terus meningkatkan kualitas akademik Fakultas Psikologi UIN Jakarta,” apresiasinya.

Fakultas Psikologi adalah satu dari 12 fakultas di kampus UIN Jakarta. Fakultas Psikologi berdiri menjadi sebuah fakultas mandiri di UIN Jakarta pada 2001; sebelumnya adalah Jurusan Psikologi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Fakultas Psikologi selanjutnya berkembang pesat. Selain menawarkan jenjang pendidikan sarjana, Fakultas Psikologi kemudian mulai menawarkan pendidikan jenjang magister, mulai tahun akademik 2010/2011. Hal ini berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Nomor: 164/D/T/2010 tanggal 16 Februari 2010 dan SK Dirjen Pendidikan Islam No. 170 tahun 2012 tentang Izin Pembukaan Program Studi Strata Dua Psikologi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (Farah Nurul Hikam/ZM)

 

Updated: Desember 11, 2023 — 2:41 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *