Profil MNC Group: Trending di X, Siapa Pemilik Saham Terbesar?

Suara.com – Topik tentang MNC Group sedang trending topic di Twitter atau X hari ini, Rabu (3/1/2023) dan telah mendapat lebih dari 5 ribu cuitan. Kebanyakan warganet menggunjing perihal Hary Tanoesoedibjo yang kompak maju sebagai calon legislatif bersama keluarganya.

Bahkan, tak sedikit pula yang menyorot kabar mengenai Timnas AMIN yang meminta agar KPU tidak menjadikan MNC Group sebagai penyelenggara penyiaran debat capres ketiga. Hal tersebut lantaran MNC Group diketahui sudah berafiliasi dengan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Sebagaimana diketahui, Hary Tanoe adalah pimpinan MNC Group sekaligus ketua Perindo yang saat ini mendukung paslon Ganjar-Mahfud.

Kemudian, tak sedikit pula yang berbagi cerita jika tidak sejahtera selama bekerja di MNC Group.

Kendati demikian, media pimpinan Hary Tanoe tersebut merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia

Profil MNC Group

Dalam acara syukuran HUT ke-34 MNC Group, (18/11/2023), Hary Tanoe mengungkapkan bagaimana awalnya ia mendirikan MNC Group pada tahun 1998.

Ketika krisis moneter terjadi, Hary Tanoe yang baru lulus MBA langsung pulang ke Indonesia dan merantau ke Jakarta untuk mendirikan MNC Group, tepatnya pada 2 November 1998.

Saat itu usianya masih 24 tahun, tapi ia berani memboyong keluarganya ke Jakarta dengan bermodal ilmu serta tekad yang tinggi.

Dengan kondisi ekonomi yang masih tidak stabil, Hary Tanoe berjuang dan melakukan berbagai penyesuaian untuk membesarkan usahanya tersebut.

Hingga pada tahun 1990-an, MNC Group yang semula punya satu perusahaan, semakin berkembang sehingga memiliki banyak anak perusahaan.

Lantas, MNC Group juga merambah ke sektor lain, seperti asuransi, bank, hingga bisnis energi batu bara.

Kemudian, ia juga pernah mengambil alih sebagian saham PT Bimantara Citra Tbk yang kemudian ia ubah namanya menjadi PT. Global Mediacom Tbk.

Sejak saat itulah bisnis media yang tekuni mulai melejit. Hingga akhirnya radio dan koran cetak pun berada di bawah kendalinya.

Saat ini, MNC Group memiliki puluhan anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti media, asuransi, bank, hingga property.

Salah satu yang cukup besar adalah bidang media dengan lebih dari 60 jaringan di stasiun TV, radio, surat kabar, hingga media online.

Dihimpun dari berbagai sumber, diketahui ada beberapa nama pemilik saham terbesar PT. Global Mediacom Tbk, seperti Hary Tanoe , Valencia Tanoesoedibjo, hingga Lo Kheng Hong yang terpantau menambah kepemilikan saham atas PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Kontributor : Damayanti Kahyangan

   

Updated: Januari 3, 2024 — 1:03 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *