Peringati Hari HumanLight 23 Desember, Begini Sejarahnya

sejarah hari ini

Hari HumanLight bertujuan untuk merayakan dan mengekspresikan nilai-nilai humanis.

allevents.in

HumanLight adalah hari raya Humanis sekuler yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 23 Desember. Nilai-nilai kemanusiaan berupa belas kasih, akal, harapan, dan kemanusiaan dirayakan dan dibagikan pada hari raya ini.

Tahukah Anda bahwa HumanLight adalah hari raya yang tidak berakar pada tradisi keagamaan yang ada? 

Ya! Hari ini adalah tentang belas kasih manusia dan visi positif tentang dunia yang bahagia dan damai. Kebanyakan orang merayakan hari ini dengan makan bersama teman dan keluarga, menyalakan lilin, atau bahkan melakukan kegiatan amal. Apa pun pilihan seseorang untuk merayakannya, nilai-nilai inti kemanusiaan selalu menjadi pusatnya.

merdeka.com

HumanLight tidak dirayakan di seluruh dunia, tetapi hanya di beberapa negara yang memiliki komunitas humanis yang aktif. Menurut situs resmi HumanLight, perayaan ini telah diadakan di Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Inggris, Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Filipina, dan Australia. Namun, perayaan ini masih tergolong baru dan belum dikenal secara luas oleh masyarakat dunia.

Sejarah Hari HumanLight

Pesta dan perayaan HumanLight sangat populer di seluruh dunia pada musim liburan. Tujuan utama dari liburan ini adalah untuk merayakan kemanusiaan dan untuk mempromosikan dunia di mana hanya perdamaian dan sisi positiflah yang menang. Sejarah asal usul HumanLight merupakan cerita yang menarik. Hari ini diciptakan untuk memberikan perayaan humanis selama musim liburan di dunia barat.

Perayaan ini didirikan oleh para pemimpin “Jaringan Humanis New Jersey” pada tahun 2001 untuk memberdayakan masyarakat sekuler dalam memperingati musim liburan bulan Desember tanpa mengganggu hari libur lainnya – masih di tengah-tengah musim liburan.

Hal ini pula yang menjadi alasan utama mengapa tanggal 23 Desember dipilih sebagai Hari HumanLight. Perayaan publik pertama diadakan pada bulan Desember 2001 di Verona, New Jersey di bawah kepemimpinan Dr. Paul Kurtz.

Sejak saat itu, selama bertahun-tahun, berbagai organisasi dan individu sekuler, humanis, dan ateis telah mengadopsi HumanLight sebagai bagian dari tradisi bulan Desember mereka. Namun baru pada tahun 2004, “American Humanist Association” mengakui HumanLight sebagai peristiwa penting yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan komunitas humanis.

merdeka.com

HumanLight bertujuan untuk mendorong perayaan dan ekspresi keyakinan masyarakat, tidak peduli apakah mereka berbeda satu sama lain.Hari raya ini tidak berfokus pada hal-hal yang tidak diyakini orang. Ini adalah acara perayaan bagi semua orang yang nonteis, tidak beragama, pemikir bebas, atheis, dan humanis yang menghargai kemanusiaan lebih dari apa pun.

merdeka.com

Cara Merayakan Hari HumanLight

Cara merayakan Hari HumanLight tergantung pada preferensi dan kepercayaan masing-masing orang. Namun, ada beberapa ide umum yang dapat Anda coba, seperti:

Menggunakan lilin sebagai simbol akal, harapan, kasih sayang, dan kemanusiaan. Anda dapat membuat lilin sendiri dengan bahan-bahan alami, atau membeli dari toko-toko yang menjualnya. Lilin dapat Anda letakkan di tempat-tempat yang mudah dilihat, seperti meja makan, pintu masuk rumah, atau jendela. Anda juga dapat menulis pesan-pesan positif di atas lilin, seperti “Terima kasih”, “Semoga bahagia”, atau “Kita semua manusia”.
Melakukan kerja sosial atau pertukaran hadiah dengan orang-orang yang membutuhkan. Anda dapat bergabung dengan organisasi-organisasi humanis yang memiliki misi untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung, seperti anak-anak yatim piatu, korban bencana alam, atau penyandang disabilitas. Anda juga dapat memberikan hadiah-hadiah kecil kepada orang-orang di sekitar Anda, seperti bunga, buku, atau makanan.
Membuat video terima kasih yang kreatif untuk mengapresiasi perempuan dalam hidup Anda. Anda dapat mengundang perempuan-perempuan yang penting bagi Anda untuk berbagi cerita tentang mereka dan apa yang mereka lakukan untuk Anda. Anda juga dapat menunjukkan foto-foto atau video-video kenangan bersama mereka. Setelah itu, Anda dapat menyusun video tersebut menjadi sebuah slideshow dan membagikannya kepada mereka melalui email, media sosial, atau platform lainnya.

Membaca kutipan Hari HumanLight yang membakar semangat dan menginspirasi. Ada banyak kutipan dari tokoh-tokoh humanis terkenal yang dapat Anda temukan di internet atau buku-buku.

Pentingnya Perayaan HumanLight

Perayaan HumanLight ini penting karena merupakan salah satu cara untuk menghargai dan mengekspresikan nilai-nilai humanis positif, seperti akal, kasih sayang, harapan, dan kemanusiaan. Perayaan ini juga menunjukkan bahwa kita semua memiliki potensi untuk menciptakan dunia yang lebih baik, damai, dan bahagia, tanpa harus bergantung pada kepercayaan atau agama tertentu.

Perayaan ini juga menghormati keberagaman dan keragaman manusia, serta mengajak kita untuk saling menghargai dan bekerja sama.

Fakta Luar Biasa Tentang Nilai Kemanusiaan yang Membawa Getaran Positif

Kasih sayang bukanlah emosiBelas kasih bukanlah emosi yang berbeda; kasih sayang hanyalah variasi cinta atau kesedihan.

Membantu orang lain = membantu AndaMenurut beberapa penelitian, membantu orang lain dapat memberikan kita kesenangan dan kegembiraan.

Sekularisme adalah sebuah sistemSekularisme mengacu pada sistem yang mengedepankan penghormatan yang sama terhadap semua agama dan kepercayaan.

Harapan adalah keadaan pikiranHarapan adalah keadaan pikiran yang menghargai keinginan dengan antisipasi.

Seorang sukarelawan merancang simbol awal hari HumanLightSimbol awal dari simbol HumanLight dirancang oleh seorang seniman sukarelawan.

Rekomendasi

Konten Menarik

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 20 Desember, Berikut Sejarah dan Tujuannya

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional diperingati setiap tanggal 20 Desember.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

minuman teh

15 Desember Hari Teh Internasional, Ketahui Sejarah dan Manfaatnya

Peringatan Hari Teh Internasional untuk merayakan keunikan dan kesehatannya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

libur Natal dan Tahun Baru 2023

50 Kata-Kata Ucapan Selamat Natal 2023 untuk Teman dan Kerabat Dekat

Natal merupakan perayaan hari besar bagi umat kristiani yang dirayakan setiap tanggal 25 Desember.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

hari ibu

Contoh Puisi Pendek Hari Ibu, Ungkapan Kasih Sayang Menyentuh Hati

Perayaan Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap 22 Desember.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Trending

Pertemuan Haru Tukang Ikan Keliling sama Anaknya Siswa Seba Polri di Jalan, Bertemu karena Komandan Penasaran

Cerita kehidupan dari keduanya menarik perhatian komandan.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

pembunuhan

4 Sekeluarga Tewas Diduga Dirampok di Musi Banyuasin, Rumah Korban Jauh dari Permukiman

Korban HR merupakan pedagang ponsel keliling. Dia tinggal bersama tiga korban lain, yakni ibunya dan dua anaknya sejak bercerai dengan istrinya dua tahun lalu.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

prasasti soe hok gie

Sejarah 17 Desember 1938: Kelahiran Soe Hok Gie, Aktivis yang Berpengaruh di Masa Peralihan

Meskipun hidupnya singkat, Soe Hok Gie mewarisi semangat perubahan dan keberanian untuk bersuara yang menginspirasi banyak orang.

Baca Selengkapnya

   

Updated: Desember 22, 2023 — 10:30 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *