HUT Ke-24, DWP Kemenag Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 681 Anak Yatim

HUT Ke-24, DWP Kemenag Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 681 Anak Yatim

Jakarta (Kemenag) — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24. HUT ini mengangkat tema, “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan yang Berkelanjutan.”

“Ini sejalan dengan pesan yang disampaikan Ibu Kita Kartini yang mana peringatan HUT ini sekaligus peringatan Hari Ibu yang ke-95,” jelas Ketua DWP Kemenag Farikhah Nizar di Lantai 2 Kantor Kemenag Pusat, Jl. Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

“Besar harapan saya organisasi ini terus menjadi rumah bagi kita semua sekaligus menjadi pilar penting dalam menyuarakan peranan perempuan Indonesia,” pesan Farikhah.

Dalam acara HUT ini, dilakukan pembagian paket sembako sebanyak 500 paket, serta bantuan biaya pendidikan untuk 681 anak yatim sebesar Rp800.000,00 per anak untuk satu semester. Sumbangan ini berasal dari ASN Kementerian Agama, Bank Mandiri, dan Bank Syariah Indonesia.

Acara ini dihadiri perwakilan dari Bank Syariah Indonesia, perwakilan dari Bank Mandiri, serta jajaran pengurus dan anggota DWP Kementerian Agama. Hadir secara daring, Penasihat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut.

Penasihat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut mengingatkan arti tema HUT yang diusung tahun ini sebagai upaya pelaksanaan Sustainable Development Government Goals yang berlandaskan pada tiga pilar utama, yaitu pilar ekonomi, pilar sosial, dan pilar lingkungan atau ekologis.

“Secara simultan ibu-ibu, setiap kegiatan pembangunan ini harus layak secara ekonomis, dapat diterima secara sosial. Artinya tidak nabrak-nabrak tatanan sosial, kultural, maupun budaya yang sudah ada di masyarakat kita, serta tidak mengganggu atau merusak lingkungan,” ujar Eny.

“Perempuan juga dituntut untuk mampu sebagai pengatur ekonomi keluarga. Pastinya membedakan kebutuhan primer dan sekunder, atau seluruh kebutuhan perekonomian keluarga,” lanjut Ibu Eny.

“Peran kita sebagai istri, ibu dan sebagai pengatur keuangan rumah tangga, beberapa perempuan berperan dalam mencari nafkah bagi keluarga. Semua hal ini ada dalam lima fungsi panca dharma Wanita,” tutur Ibu Eny.

Dalam HUT ini dilakukan pula pemotongan tumpeng oleh Ketua DWP Kemenag Farikhah Nizar Ali. Acara tersebut mencerminkan semangat kebersamaan dan dedikasi Dharma Wanita Persatuan dalam memperdayakan perempuan. (Zuhrah/Karin)

   

Updated: Desember 14, 2023 — 3:17 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *