H-1 Natal Ribuan Orang Padati Stasiun Pasar Senen Menuju Jawa Tengah: Mudik hingga Berwisata

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dipadati para pengguna jasa layanan Kereta Api (KA) pada Minggu, (24/12/2023).

Berdasarkan pantauan Tribunnews di lapangan, ribuan penumpang terlihat hilir mudik di pintu keberangkatan Stasiun tersebut.

Tujuan perjalanan yang dilakukan para penumpang KA ini beragam, mulai dari mudik ke kampung halaman hingga melakukan perjalanan pariwisata.

Rega, salah seorang penumpang KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen mengatakan, ia mengaku melakukan perjalanan ke Purwokerto untuk menemui keluarganya.

Baca juga: Selama 4 Hari Jelang Natal 2023, KAI Catat 69 Ribu Orang Berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta

“Tujuannya mau ke Purwokerto, pulang kampung. Kalau enggak pas waktu libur, kapan lagi?” ucapnya kepada Tribunnews, Minggu (24/12/2023).

Sementara itu, Dika, yang juga pengguna jasa layanan transportasi KA, mengungkapkan akan melakukan perjalanan ke Semarang.

Tujuan ke Ibu Kota Jawa Tengah itu dalam rangka mengisi waktu libur akhir tahun bersama sejumlah teman-temannya.

“Ke Semarang, sama temen-temen mau jalan-jalan ke sana. Mumpung lagi libur,” bebernya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan, khususnya pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan adalah nomor 1 agar pelanggan KA merasa Aman dan Nyaman baik itu di stasiun maupun selama perjalanan di atas KA.

Sebelumnya, KAI telah melakukan inspeksi berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Sebagaimana diketahui, angkutan Nataru akan berlangsung selama 18 hari yakni mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Oleh karena itu, kegiatan inspeksi diperlukan guna mengecek kesiapan berbagai aspek yang terkait dengan kelancaran perjalanan kereta api.

KAI melakukan inspeksi bersama stakeholder perkeretaapian mulai Selasa (5/12/2023) sampai dengan Kamis (7/12/2023).

Inspeksi yang dilakukan mencakup aspek keselamatan dan pelayanan.

Untuk itu, dalam inspeksi tersebut, kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya dipastikan dalam kondisi prima.

“Angkutan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu peak season perjalanan kereta api,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

“Pengecekan ini kami lakukan untuk memastikan perjalanan kereta api di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru nanti berjalan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

   

Updated: Desember 24, 2023 — 4:15 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *