Formasi CPNS IKN di 2024, Badan Otorita Butuh 600 Orang

loading…

Sekretaris Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, pada tahun 2024 ini kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024 sekitar 600 orang. Foto/Dok

JAKARTA– Sekretaris Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, pada tahun 2024 ini kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024 sekitar 600 orang. Jaka menjelaskan, kebutuhan formasi tersebut menimbang kelengkapan dan kebutuhan unit-unit kerja diBadan Otorita.

Mengingat pada bulan Agustus mendatang, proses pemindahan Ibukota mulai dijalankan yang ditandai dengan penyelenggaraan peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus.”Jadinya 600 formasi untuk seluruh unit kerja secara merata, semua menyampaikan kebutuhan,” ujar Jaka Santos saat dihubungi MNC Portal dikutip Selasa (6/2/2024).

Namun demikian, jumlah tersebut saat ini tengah menunggu persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) setelah seluruh instansi pusat dan daerah menyetorkan kebutuhan formasinya.”Sesuai pengumuman (PANRB) nanti ikuti saja info di IG or website OIKN,” lanjut Jaka.

Sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan pada tahun 2024 ini total formasi yang disiapkan untuk pengadaan CPNS sebanyak 2,3 juta. Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate sebesar 690.822 formasi.

Rekrutmen ASN tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 5 Januari 2024, dengan total formasi 2,3 juta. Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate sebesar 690.822 formasi.

Pada kesempatan yang berbeda, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja mengatakan, tahun ini pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya.

Terkait jadwal pelaksanaan rekrutmen CASN 2024, Aba menjelaskan direncanakan akan digelar dan jika memungkinkan dapat dilakukan paling banyak 3 kali dalam satu tahun. Untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri dari seleksi CPNS dan PPPK, dilaksanakan pada bulan Mei 2024, dan untuk tahap pertama diharapkan semua K/L/D dapat memasukkan data dalam platform digital.

“Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya,” kata Aba.

(akr)

   

Updated: Februari 6, 2024 — 5:53 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *