Dipercaya Bikin Sial Setahun, Pantang Lakukan 18 Hal Ini Saat Imlek

Jakarta, CNBC Indonesia – Masyarakat China dan orang Tionghoa Indonesia percaya ada banyak tradisi yang tidak boleh dilakukan menjelang Tahun Baru China atau Imlek. Jika melakukan ini, dipercaya akan membuat sial selama setahun ke depan.

Berikut 18 hal yang tidak boleh dilakukan menjelang Imlek, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (9/2/2024):

1. Hindari minum obat

Seseorang dilarang menyeduh jamu atau meminum obat pada hari pertama Imlek, jika tidak maka diyakini dia akan sakit selama setahun penuh.

Di beberapa tempat di China, setelah bel yang menandakan Tahun Baru pada tengah malam, orang-orang yang sakit memecahkan gallipot (pot obat) mereka dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun yang akan datang.

2. Jangan menyapu atau membuang sampah

Tindakan menyapu pada Imlek dikaitkan dengan menyapu bersih kekayaan. Membuang sampah melambangkan membuang rejeki atau nasib baik dari dalam rumah.

3. Tidak menyebut kata sial

Tak seorang pun ingin mendengar kata-kata yang memiliki makna negatif selama periode Tahun Baru Imlek. Hindari mengucapkan kata-kata yang berhubungan dengan kematian, penyakit, kemiskinan, hantu, dll.

Orang-orang menggantinya dengan eufemisme jika mereka perlu membicarakan topik tersebut, misalnya mengatakan “seseorang telah pergi” daripada “seseorang meninggal”.

4. Jangan makan bubur dan daging untuk sarapan pagi

Jangan makan bubur pada saat Imlek. Bubur tidak boleh dimakan, karena dianggap hanya orang miskin yang sarapan bubur, dan masyarakat tidak ingin memulai tahun dengan “miskin” karena ini pertanda buruk.

Selain itu, daging tidak boleh dimakan saat sarapan ini untuk menghormati para dewa (Buddha) yang diyakini menentang pembunuhan hewan, karena semua dewa diharapkan keluar untuk bertemu dan mengucapkan selamat Tahun Baru kepada satu sama lain.

5. Hindari mencuci rambut dan memotong rambut

Rambut tidak boleh dicuci pada hari Imlek. Dalam bahasa Mandarin, rambut (fa) mempunyai pengucapan yang sama (dan memang karakternya sama) dengan fa dalam facai, yang artinya ‘menjadi kaya’. Oleh karena itu, potong rambut di awal tahun baru dipandang bukan hal yang baik karena dapat menghapus rejeki.

Sebaliknya, banyak orang yang memotong rambut atau menata gaya rambut baru sebelum Tahun Baru Imlek untuk mendapatkan penampilan baru (‘kekayaan’ baru) di tahun mendatang.

6. Jangan mencuci pakaian

Orang-orang tidak mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua Imlek, karena kedua hari tersebut diperingati sebagai hari lahir dewa air. Mencuci pakaian dianggap tidak menghormati dewa air.

Orang dahulu percaya bahwa air melambangkan kekayaan. Dipercayai bahwa menuangkan air setelah mencuci pakaian akan menyebabkan tercurahnya kekayaan.

7. Sebaiknya tidak menjahit

Dahulu, banyak sekali pekerjaan menjahit yang dilakukan oleh wanita. Namun mereka tidak menjahit apa pun, bahkan menjahit kancing, dari hari pertama hingga hari kelima Imlek. Jika tidak, mereka mengira tahun yang akan datang akan menjadi tahun yang sulit.

8. Jangan gunakan gunting atau pisau

Bilah gunting dianggap seperti bibir yang tajam ketika orang bertengkar. Menggunakan gunting pada hari pertama Tahun Baru Imlek dianggap sebagai doa untuk bertengkar dengan orang lain di tahun mendatang.

Penggunaan pisau sebaiknya dihindari karena apabila terjadi kecelakaan, dianggap dapat membawa sial dan menipisnya harta di tahun yang akan datang.

9. Tidak ada uang keberuntungan dalam jumlah ganjil

Jangan memberikan uang dalam jumlah ganjil dalam amplop merah. Orang China menyukai angka genap, dengan kepercayaan tradisional bahwa hal baik selalu datang berlipat ganda. Namun hindari juga angka sial seperti 4 dan 40, karena 4 dalam bahasa China terdengar seperti kematian.

10. Jangan memberikan hadiah tertentu

Jangan memberikan hadiah tertentu, seperti jam, gunting, dan pir, karena memiliki arti buruk dalam budaya China.

11. Hindari memecahkan mangkuk, piring, gelas, dan lainnya

Melanggar melambangkan ketidaklengkapan dan nasib buruk. Memecahkan mangkuk, piring, gelas, vas, atau cermin selama Imlek dianggap membawa nasib buruk, kerugian finansial, atau perpecahan keluarga.

Jika ada sesuatu yang pecah secara tidak sengaja, orang biasanya menggunakan kertas merah untuk membungkus pecahan tersebut, lalu mengucapkan “Sui sui ping’an” yang artinya ‘aman dan sehat sepanjang tahun’. Dalam bahasa Mandarin, sui memiliki dua arti, yakni ‘rusak’ dan ‘tahun’.

12. Anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh mengunjungi rumah orang tuanya saat Imlek

Anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi rumah orang tuanya pada hari Tahun Baru Imlek, karena diyakini akan membawa sial bagi orang tuanya sehingga menimbulkan kesulitan ekonomi bagi keluarga.

Secara tradisional, anak perempuan yang sudah menikah mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

13. Anak menangis

Tangisan anak dipercaya membawa sial bagi keluarga, oleh karena itu orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga anak agar tidak menangis dengan cara apapun.

14. Tidak mengunjungi rumah sakit

Kunjungan ke rumah sakit pada jangka waktu tersebut diyakini akan mendatangkan penyakit bagi yang bersangkutan selama satu tahun yang akan datang; oleh karena itu kunjungan ke rumah sakit dihindari, kecuali dalam keadaan darurat yang ekstrim.

15. Hindari meminjamkan uang

Uang tidak boleh dipinjamkan pada Hari Tahun Baru, dan semua hutang harus dibayar pada Malam Tahun Baru, dan jika seseorang berhutang uang kepada Anda, jangan pergi ke rumahnya untuk memintanya. Siapa pun yang melakukan hal itu dikatakan akan sial sepanjang tahun.

16. Jangan memakai pakaian yang tak layak

Jangan memakai pakaian yang rusak dan tak layak. Jika anak-anak terutama mengenakan pakaian seperti itu pada Imlek, konon membawa sial.

17. Jangan memakai pakaian berwarna putih atau hitam

Jangan mengenakan pakaian putih atau hitam karena kedua warna ini secara tradisional dikaitkan dengan duka. Sebaliknya, gunakan warna merah karena melambangkan keberuntungan.

18. Tidak menyembelih hewan

Menyembelih hewan harus dihindari dari tanggal 1 hingga 15 awal Tahun Baru Imlek karena darah dianggap pertanda buruk, yang akan menyebabkan kemalangan seperti luka pisau, atau bencana berdarah. Orang biasanya menyembelih ayam, bebek, babi, dan ikan sebelum Tahun Baru Imlek atau pada malam Tahun Baru Imlek.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ramalan Imlek: 5 Shio Ini Bernasib Sial di Tahun Naga 2024


(dce)   

Updated: Februari 9, 2024 — 8:45 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *