Digempur Kritikan Keras Soal Kampanye Koleksi yang Libatkan Anak, CEO H&M Mengundurkan Diri

Dream – Pada Rabu 31 Januari 2024, Helena Helmersson, CEO H&M, secara mendadak mengundurkan diri. Hal ini pun langsung jadi perhatian industri fashion dunia.  

Ia mengakhiri masa jabatan empat tahunnya secara tiba-tiba. Pengunduran diri Helena memicu perubahan mengejutkan dalam jajaran pimpinan retailer fesyen asal Swedia tersebut.

“Dengan bangga saya melihat pencapaian kita selama beberapa tahun terakhir. Kita telah berhasil melewati masa pandemi COVID-19, bersama dengan beberapa tantangan geopolitik dan makroekonomi,” ungkap Helena dalam pernyataan yang dipublikasikan bersamaan dengan laporan keuangan terbaru perusahaan, dikutip dari CNN pada Kamis, 1 Februari 2024.

Campaign yang Dikecam

Pada awal Januari 2024, H&M terpaksa menghapus iklan seragam sekolah di Australia setelah mendapat keluhan dari pengguna media sosial yang menilai kampanye tersebut “menseksualisasi anak-anak.”

H&M menyatakan penyesalan atas pelanggaran yang diakibatkan oleh iklan tersebut.

Digantikan oleh Daniel Erver

Helmersson, yang telah bekerja selama 26 tahun di H&M, meninggalkan posisi CEO dan digantikan oleh Daniel Erver, mantan kepala merek H&M.

Perusahaan ini terdiri dari merek terbesarnya, H&M, serta & Other Stories dan COS.

Penjualan Meningkat Namun Terjadi Penurunan 2 Bulan Terakhir

Margin laba operasional H&M mengalami penurunan menjadi 7,2 persen pada kuartal terakhir tahun finansialnya, yang mencakup periode September hingga November 2023, turun dari 7,8 persen pada kuartal sebelumnya. Meskipun penjualan secara umum meningkat pada tahun keuangan 2023, namun mengalami penurunan sebesar empat persen dalam dua bulan terakhir.

Pengumuman tersebut membuat saham H&M anjlok dan melemah lebih dari sembilan persen dalam perdagangan tengah hari di Stockholm, mencatatkan penurunan saham sebanyak 14 persen sejak awal tahun 2024.

Meskipun kondisi bisnis sulit, H&M juga menghadapi tantangan restrukturisasi rantai pasokannya. Pada Agustus 2023, perusahaan ini mengumumkan penghentian operasi di Myanmar.

PHK Massal

Dalam langkah terbarunya, H&M merencanakan penutupan lebih dari seperempat toko dan pemutusan hubungan kerja terhadap 588 pekerja di Spanyol.

PHK massal ini dilakukan karena alasan organisasi, produktif, dan ekonomi yang tidak menentu, sesuai pernyataan serikat pekerja CCOO dan UGT.

Melansir Business Standard pada 30 Januari 2024, H&M memiliki 91 toko dan hampir empat ribu karyawan di Spanyol. Dalam upaya efisiensi terbaru, perusahaan ini berencana menutup 28 toko.

Langkah H&M sejalan dengan tren penutupan toko kecil oleh pengecer fesyen besar di seluruh dunia, dengan ekspansi cabang utama yang berfungsi ganda sebagai pusat logistik e-commerce.

Para pekerja H&M sebelumnya telah mengeluhkan beban kerja yang berlebihan, terungkap dari sumber serikat pekerja.

Pada November 2022, H&M mengumumkan rencana global untuk memangkas 1.500 pekerjaan guna mengurangi biaya, dan di Spanyol, mereka telah melakukan pemotongan 400 karyawan pada 2021.

Sumber: Liputan6.com

Rekomendasi

News Heboh Pasukan 08 Bisa Lacak Alamat Netizen, Gerindra Buka Suara

Tanggapan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman soal pasukan 08 yang bisa melacak netizen.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Vistex Mencekam, CEO Meninggal Tragis di Hadapan Karyawan Saat Perayaan 25 Tahun Perusahaan

Dia jatuh dan tewas saat acara perayaan di perusahaan.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

News Setelah UGM Bikin Petisi Bulaksumur, Giliran UII Kritik Keras Jokowi: Indonesia Darurat Kenegarawanan

Jokowi diminta tidak memanfaatkan institusi kepresidenan untuk memenuhi kepentingan politik keluarga.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Lukas Enembe Harta Kekayaan Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe yang Meninggal Dunia Saat Minta Berdiri

Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal pada Selasa, 26 Desember 2023

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

sains Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari

Lubang hitam ini berada di galaksi kuno GN-z11, yang berjarak 13,4 miliar tahun cahaya. Ukurannya sekitar 6 juta kali lebih besar dari matahari.

Baca Selengkapnya

   

Updated: Februari 1, 2024 — 1:12 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *