7 Gejala Kencing Manis yang Jarang Disadari, Salah Satunya adalah Kesemutan

Better experience in portrait mode.

Kencing manis atau diabetes menjadi salah satu penyakit yang wajib diwaspadai. Pasalnya, diabetes bisa menyerang semua kalangan mulai dari remaja hingga lansia. Jika dibiarkan, maka penyakit diabetes akan menimbul komplikasi serius mulai dari kebutaan hingga amputasi kaki.

Maka dari itu, kita perlu untuk mencegah penyakit diabetes dengan mengedukasi diri untuk mengetahui apa saja gejala yang timbul akibat dari kencing manis ini. 

Gejala kencing manis ini pada awalnya jarang disadari oleh banyak orang lho. Apa saja gejalanya? Dilansir dari Healthline, berikut ulasan lengkapnya.

© Dream.co.id 2023

Gatal-gatal

Kenaikan gula darah dan kencing manis akan merusak serabut saraf di seluruh tubuh. Kerusakannya bisa dimana saja, termasuk saraf di tangan dan kaki. Kerusakan saraf tersebut akan memicu rasa gatal. Selain itu, kenaikan kadar gula darah juga bisa mengeringkan kulit lalu mengelupas dan timbullah gatal-gatal. 

Sakit Kepala Ringan

Tingginya kadar glukosa darah memicu intensitas buang air kecil sehingga akan menyebabkan dehidrasi. Tingkat cairan tubuh yang rendah akan berdampak pada fungsi otak dan akan menimbulkan rasa sakit kepala. Gejala sakit kepala nyaris tak disadari banyak orang bahwa ini merupakan salah satu tanda mengidap penyakit diabetes.

© Dream.co.id 2023

Infeksi Berulang

Peningkatan kadar gula dalam darah akan menghambat pergerakan sel darah putih sehingga akan menurunkan kemampuan dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, penderita diabetes akan merasakan infeksi berulang yang menyerang kulit dan kandung kemih.

Penglihatan Kurang Jernih

Kelebihan kadar gula dalam darah akan merusak pembuluh darah kecil di mata sehingga akan menyebabkan penglihatan kabur atau kurang jernih. Penderita akan kesulitan membaca tulisan dengan jarak yang jauh dan benda-benda di sekelilingnya akan terlihat kabur.

© Dream.co.id 2023

Gangguan Pendengaran

Gula darah tinggi dalam jangka panjang akan merusak pembuluh darah kecil dan saraf telinga bagian dalam, sehingga hal tersebut akan menghambat telinga bagian dalam dalam mengirim sinyal saraf ke otak yang menyebabkan penderita diabetes memiliki gangguan pendengaran.

Napas Berbau Buah

Meski sedang tidak memakan buah, penderita diabetes akan merasakan gejala berupa napas yang beraroma buah karena disebabkan kadar gula darah yang begitu tinggi. Kondisi ini disebut ketoasidosis diabetikum dimana tubuh tak bisa memakai insulin untuk memproduksi energi.

Akibatnya, tubuh akan memecah sel lemak. Proses pemecahan sel lemak ini akan menghasilkan asam yang dikenal sebagai keton. Hal inilah yang memicu napas berbau buah.

Kesemutan dan Mati Rasa

Gula darah tinggi dan kronis dapat merusak saraf di tangan dan kaki penderita diabetes, sehingga hal tersebut akan memicu neuropati perifier diabetik atau kesemutan dan mati rasa. Gejala kesemutan dan mati rasa seringkali diabaikan, ternyata hal ini merupakan salah satu tanda gejala dari penyakit diabetes.

Ingatlah untuk selalu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari penyakit diabetes. Serta selalu waspada jika timbul gejala-gejala tersebut, ya.

Penulis: Rizky Ramadhan

Rekomendasi

fresh

Keluhan Tubuh yang Jadi Tanda Kalau Level Cemas Sedang Sangat Tinggi

Banyak orang alami gejala kecemasan hingga menghambat kegiatan sehari-hari. Cegah dan atasi hal tersebut dengan beberapa kebiasaan sehat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Tips Perawatan Kulit

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan

Rutin Jalan Kaki Setelah Makan, Bantu Pencernaan Hingga Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setelah makan terbukti dapat meningkatkan kesehatan

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

Kuliner

Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Nih beberapa tips jitu buat nyimpen jagung yang bisa kalian coba di rumah.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan

3 Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi, Tetap Aktif Yuk!

Walaupun tubuh terasa lemas, ternyata berolahraga saat menstruasi bisa jadi solusi PMS dan memberi manfaat kesehatan lainnya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan Mata

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

BUNGKUS!

BUNGKUS! Makanan Teraneh Anak Kost

Sahabat Dream pernah tinggal ngekos? Kalau kamu makanan teraneh apa yang pernah dicoba?

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

fresh

Deretan Penyebab Tubuh Gampang Banget Lelah

Kelelahan yang terjadi secara berulang bukanlah tanpa sebab. Hindari beberapa kebiasaan agar tubuh lebih berenergi.

Baca Selengkapnya

   

Updated: Desember 27, 2023 — 1:11 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *