7 Anggota KPPS di TPS Rutan Larantuka Ikuti Bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara

TRIBUNFLORES.COM,LARANTUKA-Sebanyak 7 orang petugas Rutan Larantuka yang terpilih menjadi Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Perhitungan Suara yang diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara tingkat Kecamatan (PPK) Larantuka, Selasa (30/01/2024).

Ketua KPPS TPS Lokasi Khusus Rutan Larantuka, Yosep Carnus menyampaikan, pelaksanaan Bimtek hari ini merupakan Bimtek susulan, yang mana seharusnya telah terlaksana secara serentak mulai tanggal 27 – 29 Januari, namun karena ada acara penting yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga Yosep selaku ketua KPPS berkoordinasi dengan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Flores Timur untuk melakukan Bimtek susulan.

Dalam Kegiatan tersebut hadir sebagai pemateri, Elisabeth Lely Tukan, Ketua PPK Kecamatan Larantuka, para anggota PPK Kecamatan Larantuka, serta ketua dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sarotari Timur.

Dalam paparannya, Elisabeth menjelaskan secara detail terkait Regulasi dalam Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, serta tahapan-tahapan penting mulai dari pendaftaran pemilih, penyediaan dan pengisian surat suara, pemungutan suara, perhitungan suara, hingga rekapitulasi suara. Ia menekankan tahapan-tahapan tersebut harus dilaksanakan dengan cermat dan teliti untuk menghindari Pemungutan Suara Ulang atau PSU.

Baca juga: Rutan Larantuka Panen Perdana Hasil Pertanian Memanfaatkan Lahan Kosong Rutan

Elisabeth juga mengingatkan kepada Ketua dan Anggota KPPS untuk menghindari kesalahan-kesalahan kecil yang dapat mengundang protes atau komplain dari para saksi.

“Berdasarkan pengalaman pada Pemilu sebelumnya, banyak kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan anggota KPPS yang dapat mengundang protes atau komplain dari para saksi, contohnya seperti kondisi TPS yang kurang cahaya, suara ketua KPPS yang kurang nyaring saat menghitung surat suara, serta pelaksanaan kegiatan yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Hal-hal kecil tersebut harus diperhatikan dengan baik,” tegas Elisabeth.

Menutup kegiatan bimtek, ketua PPS Kelurahan Sarotari Timur, Yohanes Ola Diaz mengingatkan peserta bimtek untuk mempelajari dengan baik Buku Panduan KPPS Pemilu 2024 yang telah dibagikan soft filenya.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

   

Updated: Februari 1, 2024 — 9:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *