5 Langkah Mudah Agar Bisa Cepat Sembuh dari Serangan Asam Urat

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID – Asam urat adalah salah satu kondisi kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Asam urat biasanya bermanifestasi sebagai rasa sakit yang mirip dengan apa yang akan dialami oleh penderita rheumatoid arthritis (RA). Asam urat dan RA menyebabkan radang sendi, dengan asam urat biasanya menyerang sendi jempol kaki.

Asam urat dapat menyerang siapa saja dari segala usia atau jenis kelamin. Kondisi tersebut disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah yang menumpuk sebagai kristal tajam di persendian jempol kaki Anda.

Adapun gejala umum asam urat antara lain pembengkakan pada jempol kaki, rasa hangat pada persendian, dan kemerahan pada kulit. 

Sendi bisa terasa sangat sakit. Bahkan menyentuh area yang terkena asam urat dengan ujung jari Anda bisa menyebabkan rasa sakit yang parah. Artinya, penyakit asam urat dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan hal-hal yang biasa kita anggap remeh, seperti berjalan atau memakai kaus kaki dan sepatu.

Terkadang serangan asam urat bisa terasa sangat menyakitkan bahkan berat seprai di jari kaki Anda saat tidur bisa membuat Anda terbangun dengan rasa sakit.

Baca Juga: 6 Bumbu Dapur yang Bikin Asam Urat Tinggi Kabur

Apa penyebab asam urat?

Mengutip Private London Heumatologist, ada sejumlah faktor yang berkontribusi pada seseorang yang mengembangkan asam urat. Ini bisa disebabkan oleh genetika, jadi Anda mungkin lebih cenderung mengalami kondisi tersebut jika asam urat terjadi di keluarga Anda.

Asam urat juga bisa dipicu oleh faktor kesehatan dan gaya hidup, seperti pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. 

Olahraga ringan secara teratur seperti berjalan atau berenang dianjurkan karena membantu sistem peredaran darah Anda memindahkan nutrisi penting ke seluruh tubuh Anda dan mengeluarkan purin yang menyebabkan kristal asam urat yang dapat menumpuk di persendian Anda dan menyebabkan asam urat.

Sayangnya, tidak ada obat untuk asam urat. Tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meredakan serangan asam urat, mengurangi peradangan yang menyebabkannya, dan menurunkan risiko menderita serangan lebih lanjut di masa mendatang.

Baca Juga: Normal Asam Urat Perempuan Berapa? Cek Tanda Asam Urat Tinggi Di Kaki yang Diabaikan

Cara cepat sembuh dari serangan asam urat

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bisa sembuh dari serangan asam urat dengan cepat:

1. Konsultasi dengan dokter

Menurut Private London Heumatologist, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk diri sendiri di rumah untuk membantu meredakan serangan asam urat dengan cepat. 

Namun, jika Anda memperhatikan bahwa serangan asam urat Anda semakin sering dan parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau spesialis rheumatologist untuk mendapatkan bantuan dan dukungan profesional.

Dokter atau spesialis dapat bekerja sama dengan Anda untuk merancang perawatan medis dan rencana gaya hidup yang tepat untuk membantu Anda mengelola kondisi Anda. Dengan dukungan medis yang tepat, Anda akan dapat tetap mengendalikan kondisi Anda dan mencegahnya mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Baca Juga: 2 Smoothies Buah dan Sayur yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

2. Mengkompres dengan air es pada bagian yang sakit

Simpan kompres es di lemari es Anda, sehingga Anda akan selalu siap untuk membantu menenangkan serangan asam urat. Mengkompres es ke sendi yang terkena adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengurangi panas dan pembengkakan yang terkait dengan asam urat.

3. Minum banyak air putih

Melansir K Health, air minum dapat mengeluarkan kristal asam urat dari sistem Anda. Penelitian awal menunjukkan bahwa konsumsi air yang cukup selama periode 24 jam sebelum serangan asam urat dapat mengurangi serangan asam urat berulang.

4. Menggunakan obat pereda nyeri

Namun, Anda dapat menggunakan beberapa pereda nyeri yang dijual bebas di rumah untuk membantu meredakan nyeri dan pembengkakan. Simpan beberapa obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen di rumah untuk menghilangkan rasa sakit akibat serangan asam urat dengan segera.

5. Menggunakan obat gosok

Anda juga dapat menyimpan obat gosok otot topikal di lemari medis Anda. Banyak obat gosok otot mengandung bahan penghangat dan penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan saat dioleskan ke jari kaki yang bengkak.

Berhati-hatilah saat mengoleskan krim topikal atau gosok otot ke area yang terkena. Misalkan kulit di sekitar persendian rusak atau timbul luka. Dalam hal ini, Anda mungkin lebih mengiritasi kulit dengan mengoleskan perawatan topikal, terutama jika mengandung capsicum yang dapat menyebabkan lebih banyak iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

   

Updated: Desember 28, 2023 — 8:33 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *