10 Gereja Tertua di RI Merayakan Natal, Ada yang Usia 3 Abad

Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah gereja tertua di Indonesia, yang menjadi saksi perkembangan agama Katolik dan Protestan, turut merayakan Natal pada Senin (25/12/2023) dengan keindahan arsitektur yang khas Eropa. Dibangun pada masa kolonial Belanda, gereja-gereja ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga menyimpan nilai-nilai sejarah yang mendalam.

Berikut adalah penjelasan komprehensif dari 10 gereja tertua di Indonesia yang menjadi pusat perayaan Natal tahun ini:

Gereja Ebenhaezer di Nusa Laut, MalukuGereja ini, yang dibangun pada tahun 1715-1719, merupakan salah satu gereja tertua di Indonesia. Bukti sejarahnya terletak pada prasasti yang berada di dinding gereja, dengan tulisan yang mencatat pembangunan dari tahun 1715 hingga 1719. Gereja Ebenhaezer, yang telah mengalami beberapa renovasi, tetap mempertahankan tata ruang dan arsitektur aslinya.

Gereja Tua Sikka, Maumere, Nusa Tenggara TimurPendirian gereja ini diprakarsai oleh pastor Belanda, Yohanes Engbers, SJ, pada awal tahun 1890-an. Gereja ini unik karena memadukan gaya Eropa dengan unsur-unsur tradisional Nusantara. Renovasi pada tahun 1935 menambah keindahan interior gereja dengan menambahkan lukisan motif tenun ikat “Wenda” pada dinding area tempat duduk umat.

Gereja Sion, JakartaGereja ini, yang selesai dibangun pada tahun 1695, awalnya didirikan sebagai tempat ibadah bagi tawanan VOC berkebangsaan Portugis. Arsitek Rotterdam, Mr E. Ewout Verhagen, merancang bangunan ini dengan pondasi dari 10.000 kayu balok bundar. Gereja Sion juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Gubernur Jenderal Hindia Belanda Hendrik Zwaardecroon.

Foto: Suasana pelaksaan Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (25/12/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)Suasana pelaksaan Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (25/12/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Gereja Tugu, JakartaGereja Tugu, salah satu gereja tertua di Indonesia, pertama kali didirikan pada tahun 1678. Meskipun mengalami kerusakan parah selama peristiwa Geger Pecinan pada 1740, gereja ini dibangun kembali pada tahun 1747 dengan bantuan seorang tuan tanah dari Cilincing, Yustinus Vinck.

Gereja Katedral, JakartaGereja Katedral Jakarta, resmi bernama De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming, telah mengalami beberapa perubahan bangunan. Gereja yang ada saat ini dibangun dengan gaya arsitektur neo-gotik dan diresmikan pada tahun 1901 setelah beberapa kali pembangunan kembali.

Gereja Immanuel, JakartaGereja ini, yang dibangun mulai tahun 1835, memiliki bentuk unik dengan pilar megah dan atap berbentuk kubah. Dibangun atas prakarsa Raja Willem I untuk menyatukan jemaat Protestan di Hindia Belanda, gereja ini dikenal juga sebagai Willemskerk.

Gereja Kepanjen, SurabayaDibangun pada 18 April 1899, gereja ini memiliki nama Belanda “Onze Lieve Vrouw Geeborte.” Kini dikenal sebagai Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, gereja ini merupakan salah satu gereja tertua di Surabaya yang masih berdiri kokoh.

Gereja Blenduk, SemarangGereja Blenduk, yang pertama kali dibangun oleh orang Portugis pada tahun 1753, mengalami perombakan total oleh Belanda pada tahun 1894-1895. Bangunan ini menjadi ikon Kota Tua Semarang dengan atap kubah yang menggelembung besar, sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai “mblenduk.”

Gereja Immanuel Makassar, Sulawesi SelatanGereja bergaya arsitektur gotik klasik ini diresmikan pada 15 September 1885 oleh Pendeta J.C. Knuttel. Meskipun beberapa kali dipugar, Gereja Immanuel tetap menjadi bangunan cagar budaya di Sulawesi Selatan.

Gereja Fidelis Sejiram, Kalimantan BaratGereja ini merupakan cikal bakal perkembangan gereja Katolik di Kalimantan Barat, mulai dirintis pada 1892 oleh Pastor Looymans. Bangunan berbahan kayu ulin ini masih kokoh hingga saat ini dan menjadi gereja tertua di Kalimantan Barat.

Semua gereja ini bukan hanya tempat ibadah, melainkan juga penanda sejarah dan kekayaan budaya yang mendalam, menciptakan suasana istimewa dalam perayaan Natal tahun ini.

Berikut adalah 10 gereja tertua di Indonesia.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected] 

(mza/mza)[Gambas:Video CNBC]   

Updated: Desember 25, 2023 — 8:04 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *